Theology,Technology, and Philosophy, ENJOY!!

Sunday, January 27, 2013

MATERI PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK SMP - AKU MEMILIKI KEMAMPUAN DAN KETERBATASAN


AKU MEMILIKI KEMAMPUAN DAN KETERBATASAN


Rendahnya kesadaran para remaja untuk mengetahui dan memahami kemampuan yang dimilikinya serta kurangnya kesempatan untuk mengaktualisasikan diri berdasarkan kemampuannya dapat menimbulkan kebingungan dan sifat iri melihat kemampuan orang lain, sehingga sulit untuk membuat program yang terencana dan terarah demi perkembangan diri dan masa depannya.
Iman Kristiani secara tegas menyatakan bahwa Allah telah memberikan kemampuan khusus atau talenta yang berbeda-beda pada setiap orang, sehingga menjadi pribadi yang unik. Maka setiap manusia dituntut untuk mengembangkan talentanya masing-masing sehingga menghasilkan buah, bahkan secara tegas Allah akan meminta setiap orang untuk mempertanggungjawabkan talenta yang telah diberikan Tuhan (Mat 25: 14-30).
Namun di lain pihak kita juga dituntut untuk menyadari bahwa setiap manusia memiliki kemampuan yang terbatas baik dari segi jasmani maupun rohani. Keterbatasan ini merupakan fakta yang tak dapat dipungkiri.
Dengan keterbatasan itu, maka setiap pribadi diharapkan untuk dapat menjalin relasi dengan sesama, saling bekerjasama, melengkapi, mengisi dan mengembangkan demi kesempurnaannya.
Kitab suci Perjanjian Baru mengisahkan tentang keteladanan murid-murid Yesus dalam mengatasi keterbatasan. Mereka tidak munafik, tetapi secara jujur datang dan minta pertolongan pada Yesus (Mrk 4: 35–41). Hal ini mengajarkan kepada kita sekaligus ajakan dalam mengatasi keterbatasan untuk mencari sumber kekuatan sejati yakni Allah sendiri.

Kutipan Kitab suci yang dipakai:  TALENTA (Mat 25: 14-30), ANGIN RIBUT DIREDAKAN (Bdk. Mrk 4: 35-41; Mat 8: 23-27; Luk 8: 22-25)


Secara singkat Pelajaran materi  AKU MEMILIKI KEMAMPUAN DAN KETERBATASAN dapat dilihat dalam rangkuman. Rangkuman Pelajaran Klik di sini

Setelah Memahami pelajaran materi  AKU MEMILIKI KEMAMPUAN DAN KETERBATASAN silahkan kerjakan evaluasi.Evaluasi Pelajaran ini Klik di sini

0 comments:

Post a Comment