Theology,Technology, and Philosophy, ENJOY!!

Saturday, January 26, 2013

MATERI PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK SMP - KEGIATAN PELAYANAN GEREJA

KEGIATAN PELAYANAN GEREJA

Gereja merupakan suatu komunitas dari orang-orang beriman kepada Kristus. Sebagai komunitas, gereja memiliki visi yang diwujudkan dalam misi atau kegiatan yang khas. Visi utama dari gereja ialah mewujudkan Kerajaan Allah yang berarti mengupayakan situasi kehidupan yang diwarnai oleh cinta akan Allah, damai, persaudaraan dan keharmonisan seperti gambaran dari suasana Kerajaan Allah itu sendiri.
Untuk mencapai visi tersebut, Gereja mewujudkannya dalam empat fungsi layanan yaitu fungsi liturgia, diakonia, kerugma dan koinonia. 
Yang dimaksud dengan liturgia (pengudusan) adalah segala bentuk kegiatan ibadat kepada Tuhan yang dilakukan oleh umat, baik secara pribadi maupun bersama-sama, baik yang sakramen maupun yang bukan sakramen. Contoh bidang pelayanan liturgia yang dapat diikuti oleh kaum remaja misalnya: Perayaan Ekaristi, ibadat lingkungan, doa bersama, novena Roh Kudus. 
Diakonia (Pelayanan) adalah segala bentuk pelayanan kepada semua orang yang membutuhkan pertolongan atau pelayanan. Umat beriman saling melayani, dengan memperhatikan kebutuhan jasmani dan rohani orang-orang, baik kalangan sendiri maupun diluar jemaat sendiri. Contoh kegiatan dalam bidang diakonia misalnya: memberikan dana APP, memberi bantuan di rumah jompo, mencarikan pekerjaan bagi tuna karya. 
Kerugma (pewartaan) adalah segala bentuk pewartaan, pengajaran iman, dan komunikasi iman untuk saling meneguhkan, berbagi pengalaman iman, dan saling meluruskan pandangan iman. Setiap umat beriman menerima pewartaan Kristus dan mengemban tugas pewartaan seperti yang telah diperintahkan oleh Kristus. Pewartaan tidak hanya dalam kata-kata terlebih dalam perbuatan dan tindakan yang nyata. Kegiatan yang termasuk bidang pewartaan misalnya: pelajaran agama, pendalaman Kitab Suci, retret, dan rekoleksi. 
Koinonia (persekutuan) adalah segala usaha untuk semakin mewujudkan dan mengukuhkan persaudaraan murid-murid Kristus, dengan saling membantu, saling berbagi, saling memperhatikan, saling memberi dan menerima, serta saling mencukupi demi kesejahteraan bersama dalam komunitas. Dalam persekutuan, umat beriman dibimbing oleh Roh Kudus untuk saling bertemu, mendengarkan Firman, berdoa dan hidup saling membantu satu sama lain. Contoh kegiatan atau bentuk dari koinonia misalnya: kelompok mudika, Legio Maria, ME (Marriage Encounter = Persekutuan suami istri), dan  kegiatan Lingkungan dan wilayah.
Empat fungsi pelayanan gereja tersebut tetap dalam rangka mewujudkan ciri hidup dari Jemaat Pertama. Pelayanan merupakan bentuk perwujudan dari ciri Jemaat Pertama yang hidup saling memperhatikan kebutuhan hidup satu dengan yang lain. Pewartaan merupakan perwujudan dari ciri Gereja Pertama yang setia pada pengajaran para rasul dan liturgia atau pengudusan merupakan perwujudan dari ciri Jemaat Pertama yang senantiasa memuji Allah. Sedangkan Koinonia juga merupakan perwujudan dari ciri Jemaat Pertama yang selalu berkumpul memecahkan roti dan berdoa. Dengan demikian, ciri hidup Jemaat Pertama tetap terpelihara dalam kehidupan Gereja sampai sekarang.
Sebagai seorang Kristiani kita diajak untuk ikut terlibat dalam empat fungsi pelayanan Gereja secara aktif sesuai dengan kemampuan masing-masing sehingga dapat mewujudkan peran serta kita dalam panggilan kita untuk mewujudkan Kerajaan Allah di dunia.


Kutipan Kitab suci yang dipakai:  CIRI HIDUP JEMAAT PERTAMA (Kis 2: 41-47)

Secara singkat Pelajaran materi KEGIATAN PELAYANAN GEREJA
 dapat di lihat dalam rangkuman. Rangkuman Pelajaran Klik di sini

Setelah Memahami pelajaran materi KEGIATAN PELAYANAN GEREJA silahkan kerjakan evaluasi.Evaluasi Pelajaran ini Klik di sini

0 comments:

Post a Comment