Theology,Technology, and Philosophy, ENJOY!!

Monday, December 28, 2020

Kesimpulan pembelajaran materi mengembangkan keadilan dan kejujuran

Kesimpulan dari pembelajaran materi mengembangkan keadilan dan kejujuran:

a. Menurut iman Kristiani, keadilan berarti memberikan kepada orang lain apa yang menjadi haknya. Keadilan berkaitan dengan keseimbangan antara hak dan kewajiban setiap orang di dalam masyarakat. Raja Salomo mengambil keputusan yang adil dengan dilandasi kebijaksanaan. Salomo memberikan bayi kepada orang yang berhak memilikinya yaitu ibu dari bayi tersebut. 

b. Sebagai remaja, bagaimana usaha yang dapat dilakukan untuk mengusahakan keadilan di dalam lingkungan atau di sekolah? Usaha yang dapat dilakukan antara lain: 

  1.  Mencoba untuk berteman dengan semua orang tanpa membedakan. 
  2.  Menghargai karya dari orang lain. 
  3.  Menghargai hak setiap orang.
  4.  Tidak merampas milik orang lain. 
  5.  Memberikan bantuan langsung pada orang-orang yang mengalami ketidakadilan. 
  6.  Membagikan barang atau materi yang kita miliki kepada mereka yang membutuhkan, dan lain sebagainya. 
c. Menurut Kitab Suci, ketidakjujuran akan membawa akibat yang sangat fatal dan bahkan kematian (lih.  Kis 5: 5). Ketidakjujuran Ananias dan istrinya membawa akibat yang sangat fatal, yaitu kematian. Dari kisah tersebut, kita dapat belajar bahwa ketidakkjujuran bukan hanya mendustai diri sendiri dan orang lain, tetap juga mendustai Allah (lih. Kis 5: 4). Sikap tidak jujur merusak hubungan dengan orang lain dan dengan Allah. Orang yang tidak jujur berarti telah dirasuki oleh iblis. Ia tidak melaksanakan kehendak Allah, melainkan kemauan iblis. 

d. Tuntutan untuk hidup dalam kebenaran juga disampaikan Yesus. Di dalam Khotbah di Bukit, Yesus menuntut para murid-Nya untuk senantiasa berani bertindak jujur, “Jika ya, hendaklah kamu katakan ya, jika tidak kamu katakan tidak. Apa yang lebih daripada itu berasal dari si jahat.” (Mat 5: 37). Yesus menuntut setiap orang untuk setia dan bertindak jujur.



jika sudah memahami materi silahkan kerjakan penilaian klik di sini

jika belum menguasai silahkan banca kembali materi klik disini

0 comments:

Post a Comment