Theology,Technology, and Philosophy, ENJOY!!

Tuesday, January 22, 2013

Rangkuman Pelajaran SENGSARA WAFAT DAN KEBANGKITAN YESUS

Rangkuman Pelajaran SENGSARA WAFAT DAN KEBANGKITAN YESUS




Sikap yang sering muncul apabila orang mengalami penderitaan adalah:
  1. Putus harapan, menyalahkan diri sendiri, menyalahkan orang lain, bahkan menyalahkan Tuhan. Akibatnya hidup terasa bagai beban dan tak punya arti lagi, muncul sikap dendam pada orang lain, atau menjahui Tuhan. Bila toh akhirnya ia mati, maka kematiannya seolah merupakan kematian tanpa arti. Kematian merupakan akhir dari segalanya.
  2. Menjalaninya dengan tabah, berusaha tegar, mendekatkan diri pada Tuhan untuk memohon kekuatan dari-Nya, sehingga muncullah sikap positif dalam menghadapi penderitaan tersebut, yaitu kesadaran bahwa penderitaan yang dialaminya adalah demi perjuangan untuk memperoleh hidup yang lebih benar, lebih baik, lebih adil, dan lebih bermartabat. Kalaupun kematian menyongsongnya, ia tidak terlalu takut, bahkan kematian baginya dipandang sebagai awal kemenangan.

Makna Sengsara dan Wafat Yesus merupakan konsekuensi dari tugas perutusan-Nya untuk melaksanakan kehendak Bapa dalam mewartakan dan menegakkan Kerajaan Allah di dunia.

Sikap dan perbuatan yang sesuai dengan teladan Yesus dalam menghadapi penderitaan adalah: bersikap tabah dan taat penuh pada kehendak Tuhan  melalui doa dan melalui penyerahan diri sepenuhnya kepada Penyelenggaraan Ilahi.

Makna Kebangkitan Yesus adalah:
a)    Kebangkitan Yesus merupakan pembenaran dari Allah terhadap Sabda dan karya-Nya, pembenaran terhadap perjuangan Yesus Kristus.
b)   Kebangkitan Yesus adalah permulaan dari corak kehidupan baru, kelahiran baru, dan permulaan suatu kehidupan yang lebih mulia. 

Beberapa bukti kebangkitan Yesus sebagaimana dikisahkan dalam Kitab Suci adalah:
a)    Pada saat para murid yang melihat kubur Yesus terbuka dan kosong (Yohanes 20: 1-10), 
b)   Kain kafan Yesus yang tertinggal
c)    Berita malaikat yang mengatakan Yesus sudah bangkit
d)   Beberapa kali penampakan Yesus.


Setelah materi SENGSARA WAFAT DAN KEBANGKITAN YESUS dikuasai silahkan kerjakan evaluasi. klik di sini  

1 comments: