Theology,Technology, and Philosophy, ENJOY!!

Wednesday, February 6, 2013

RANGKUMAN Materi YESUS BERBELAS KASIH


RANGKUMAN Materi YESUS BERBELAS KASIH

-           Hal yang terpenting dalam sikap belas kasih adalah sikap bela rasa, merasakan penderitaan orang lain sebagai penderitaan sendiri.
-           Yesus menunjukkan bela rasa dan kepedulian serta belas kasih-Nya kepada mereka yang menderita dan tertindas serta tersingkir dengan cara: menyapa mereka, hidup ditengah-tengah mereka, mengalami suka duka hidup mereka.
-           Tindakan Yesus yang menunjukkan sikap berbelas kasih yang lainnya tampak dalam perbuatan: a) menyelamatkan wanita yang tertangkap basah berzinah, b) menyembuhkan orang sakit kusta, c) menyembuhkan orang buta, dan sebagainya.
-           Banyak faktor yang menghambat orang untuk meminta maaf atau memaafkan, antara lain: keinginan untuk mempertahankan “harga diri” atau wibawa dan juga karena gengsi.
-           Ketidakmampuan memaafkan atau mengampuni dapat menumbuhkan rasa dendam, yang sesungguhnya dapat merugikan diri sendiri, juga dapat mengakibatkan orang yang bersalah menanggung rasa bersalah berkepanjangan, dapat juga menyebabkan tumbuhnya permusuhan dan kebencian.
-           Meminta maaf atau memberi pengampunan, sesungguhnya dapat menguntungkan, baik bagi yang bersalah maupun bagi orang yang telah dirugikan.
-           Dengan mau mengampuni, ataupun mau meminta maaf, akan dapat menjadikan hati kita tenang, tenteram, damai, jauh dari segala permusuhan dan dendam, bahkan dengan memaafkan atau meminta maaf, hubungan kita dengan sesama dan dengan Tuhan akan tetap terjalin dengan harmonis dan menyenangkan.
-           Kepada setiap pendosa yang bertobat, Yesus selalu membukakan pintu maaf dan pengampunan, bahkan Yesus mengajak murid-murid-Nya untuk selalu mengampuni tanpa batas seperti diungkapkan dalam Matius 18: 21-22  yaitu mengampuni bukan hanya sampai tujuh kali tetapi tujuh puluh kali tujuh kali.
-           Kepada perempuan yang berdosa (Yoh 8: 2-11), Yesus tidak bersikap mengadili, tetapi memberi kesempatan kepada perempuan tersebut untuk berubah dan tidak melakukan dosa lagi.

NOTES: Setelah materi YESUS BERBELAS KASIH dikuasai silahkan kerjakan evaluasi. klik di sini 

0 comments:

Post a Comment