Theology,Technology, and Philosophy, ENJOY!!

Wednesday, February 6, 2013

Pendidikan Agama Katolik SMP - Materi YESUS BERBELAS KASIH


YESUS BERBELAS KASIH

Pada zaman sekarang ini, semakin banyak kita jumpai orang-orang yang terpinggirkan, miskin, menderita dan tidak diperhatikan oleh orang lain. Orang-orang semacam itu sangat membutuhkan uluran kasih dari orang yang lain yang hidupnya lebih baik dari pada mereka. Dengan menerima kasih dari orang lain, mereka merasa mendapat perhatian dan dukungan dari sesamanya untuk lebih memperjuangkan hidup yang baik. Sudah banyak memang orang yang peduli pada sesamanya yang menderita, namun demikian masih banyak pula orang yang tidak peduli. Belas kasih bukan terutama terletak pada besar kecilnya bantuan, namun yang penting dalam sikap belas kasih adalah sikap bela rasa, merasakan penderitaan orang lain sebagai penderitaannya sendiri. Biasanya orang mau melakukan perhatian kepada orang yang menderita pertama-tama sering karena tersentuh hatinya oleh belas kasihan atas penderitaan orang itu.

Yesus hidup dalam situasi dimana banyak masyarakat miskin yang diperlakukan tidak adil, tersingkirkan dan menderita lahir dan batin. Menghadapi kondisi semacam itu, Yesus terpanggil untuk berbelarasa. Yesus menunjukkan bela rasa dan kepedulian serta belas kasih-Nya kepada mereka dengan cara: menyapa mereka, hidup ditengah-tengah mereka, mengalami suka duka hidup mereka. Yesus tidak membantu secara material, tetapi Ia hadir dan menyapa mereka, Ia berpihak kepada mereka, Ia adalah pribadi yang selalu melakukan tindakan belas kasih pada sesama-Nya yang menderita. Tindakan Yesus ini antara lain tampak dalam peristiwa mukjizat ketika membangkitkan seorang pemuda di kota Nain. (Luk 7: 11-17) Melalui sikap dan tindakan-Nya, Yesus ingin menyatakan cinta Allah kepada semua manusia tanpa kecuali. Kasih Yesus sungguh menguatkan dan meneguhkan orang lain, sehingga pada akhirnya orang yang menderita merasa diselamatkan dan memuliakan Allah.
Tindakan Yesus yang menunjukkan sikap berbelas kasih yang lainnya tampak dalam perbuatan:
a)    menyelamatkan wanita yang tertangkap basah berzinah,
b)   menyembuhkan orang sakit kusta,
c)    menyembuhkan orang buta, dan sebagainya. Yesus melakukan semua perbuatan kasih itu bukan demi mencari pengikut yang banyak, bukan pula demi popularitas, namun semua itu dilakukan demi pembebasan orang yang dikasihi-Nya, demi kebahagiaan orang yang dikasihi-Nya. 

maafkan aku... ya.. aku maafkan

Kasih yang diberikan Yesus tertuju pada semua orang, bagi mereka yang menderita, juga bagi mereka yang bersalah kepada-Nya. Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan baik terhadap diri sendiri, terhadap orang lain maupun terhadap Tuhan. Namun demikian tidak semua orang bila melakukan kesalahan cepat-cepat untuk meminta maaf atas kesalahannya. Demikian pula tidak semua orang yang mau dengan senang hati untuk memaafkan atau memberi pengampunan kepada orang yang bersalah dan berusaha meminta maaf atau mohon pengampunan padanya, apa lagi jika dirasa bahwa kesalahannya sungguh terlalu berat dan menyakitkan hati.
Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan orang sulit untuk memaafkan atau juga orang sulit untuk meminta maaf atas kesalahannya, yaitu antara lain:
a)    karena keinginan untuk mempertahankan “harga diri” atau wibawa,
b)   karena gengsi,
c)    karena sikap egois dan mau menang sendiri.

Ketidakmampuan memaafkan atau mengampuni dapat mengakibatkan:
a)    menumbuhkan rasa dendam, yang sesungguhnya dapat merugikan diri sendiri,
b)   orang yang bersalah pada akhirnya menanggung rasa bersalah secara berkepanjangan,
c)    tumbuhnya permusuhan dan kebencian.

Kekurangjujuran atau ketidakberanian mengakui kesalahan dapat menjadikan hati nurani tumpul yang mengakibatkan kesalahan apapun dianggap biasa, akhirnya lama kelamaan kesalahan besarpun termasuk yang merugikan orang lain akan dianggap biasa pula. Meminta maaf atau memberi pengampunan, sesungguhnya dapat menguntungkan, baik bagi yang bersalah maupun bagi orang yang telah dirugikan. Dengan mau mengampuni, ataupun mau meminta maaf, akan dapat menjadikan hati kita tenang, tenteram, damai, jauh dari segala permusuhan dan dendam, bahkan dengan memaafkan atau meminta maaf, hubungan kita dengan sesama dan dengan Tuhan akan tetap terjalin dengan harmonis dan menyenangkan.
Yesus adalah pribadi yang selalu hadir dengan kasih-Nya yang tidak terbatas. Yesus mengasihi orang lain tanpa membedakan dan kasih-Nya tertuju kepada siapapun termasuk kepada kaum pendosa. Kepada setiap pendosa yang bertobat, Yesus selalu membukakan pintu maaf dan pengampunan, bahkan Yesus mengajak murid-murid-Nya untuk selalu mengampuni tanpa batas, seperti diungkapkan dalam Matius 18: 21-22  yaitu mengampuni bukan hanya sampai tujuh kali tetapi tujuh puluh kali tujuh kali. Dalam Yohanes 8: 2-11, Yesus telah mengajarkan kepada orang-orang dizaman-Nya bahwa setiap orang tidak ada yang sempurna. Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan dan untuk itu setiap orang diharapkan tidak cepat-cepat melakukan penghakiman kepada sesamanya. Kepada perempuan yang berdosa, Yesus tidak bersikap mengadili, tetapi memberi kesempatan kepada perempuan tersebut untuk berubah dan tidak melakukan dosa lagi. Pewartaan Yesus yang tidak hanya dalam kata-kata tetapi terlebih dalam keteladanan hidup-Nya inilah yang hendaknya kita teladani dengan mengasihi orang lain tanpa batas dan berusaha untuk membarikan pengampunan pada orang yang bersalah serta berusaha untuk secepatnya memohon maaf jika kita sendiri telah melakukan suatu kesalahan.


Kutipan Kitab suci yang dipakai:  YESUS MEMBANGKITKAN ANAK MUDA DI NAIN(Luk 7: 11-17); PEREMPUAN YANG BERZINAH (Yohanes 8: 2-11)

Secara singkat Pelajaran materi YESUS BERBELAS KASIH dapat di lihat dalam rangkuman. Rangkuman Pelajaran Klik di sini

Setelah Memahami pelajaran materi YESUS BERBELAS KASIH silahkan kerjakan evaluasi.Evaluasi Pelajaran ini Klikdi sini

0 comments:

Post a Comment