Theology,Technology, and Philosophy, ENJOY!!

MODUL PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK SMP


Modul ialah bahan belajar yang dirancang secara sistematis berdasarkan kurikulum tertentu dan dikemas dalam bentuk satuan pembelajaran terkecil dan memungkinkan dipelajari secara mandiri dalam satuan waktu tertentu.

Tujuan disusunnya modul ialah agar peserta dapat menguasai kompetensi yang diajarkan dalam diklat atau kegiatan pembelajaran dengan sebaik-baiknya. Bagi widiaiswara atau guru, modul juga menjadi acuan dalam menyajikan dan memberikan materi selama diklat atau kegiatan pembelajaran berlangsung.

Fungsi modul ialah sebagai bahan belajar yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran peserta didik. Dengan modul peserta didik dapat belajar lebih terarah dan sistematis. Peserta didik diharapkan dapat menguasai kompetesi yang dituntut oleh kegiatan pembelajaran yang diikutinya. Modul juga daharapkan memberikan petunjuk belajar bagi peserta selama mengikuti diklat.

KABAR BAIK DARI BOGOR
Pada akhirnya Komisi Pendidikan Keuskupan Bogor menangkap keluhan ini dengan mengumpulkan kami para Guru Agama Katolik yang berkarya di Keuskupan Bogor, guna membantu para Guru tersebut. Akhirnya setelah disepakati bersama, kami mencoba untuk semampu kami membuat buku  yang kemudian kami sebut sebagai Modul Pendidikan Agama Katolik. Dengan Modul ini diharapkan paling tidak bisa membantu teman-teman Guru yang beragama Katolik dan diberi tugas untuk mengajar Pendidikan Agama Katolik di sekolahnya, juga untuk membantu para pewarta Lingkungan/ Paroki yang menangani Pendidikan Agama Katolik bagi anak-anak yang bersekolah di sekolah non katolik. Dalam Modul ini, alur/ struktur yang dipergunakan adalah Pertama-tama disajikan Uraian Materi, kemudian pendalaman materi (yang didalamnya termasuk juga bacaan Kitab Suci dan cerita serta pendalamannya) dilanjutkan dengan rangkuman.  Dengan pola seperti itu, diharapkan, uraian materi yang disajikan dalam bab tersebut, minimal dibaca ulang oleh peserta didik sebanyak 3 kali, sebab untuk menjawab pertanyaan dalam pendalaman materi, peserta didik perlu membaca kembali Uraian Materi, dan rangkuman adalah merupakan rangkuman dari pokok-pokok yang ada dalam Uraian Materi. (Dikutip dari:http://loren-atrik.blogspot.com)

MODULE pembelajaran Pendidikan Agama Katolik SMP dapat diUNDUH disini

MODULE PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK SMP KELAS 7, KELAS 8, KELAS 9 
PAK SMP Kelas 7
PAK SMP Kelas 8
PAK SMP Kelas 9


Modul Pendidikan Agama Katolik SMA/SMK dapat didownload disini



0 comments:

Post a Comment