Theology,Technology, and Philosophy, ENJOY!!

Thursday, January 24, 2013

MATERI PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK SMP - ALLAH BERKEHENDAK MENYELAMATKAN SEMUA ORANG



 

ALLAH BERKEHENDAK MENYELAMATKAN SEMUA ORANG


Keselamatan selalu menjadi dambaan setiap manusia. Keselamatan ini dapat diperoleh baik secara pribadi maupun bersama orang lain. Melalui berbagai peristiwa hidup dan banyak orang, Allah menghendaki dan menganugerahi manusia keselamatan didorong oleh cinta kasih-Nya kepada manusia. Banyak hal yang menjadi pertanda cinta kasih Tuhan itu misalnya Allah menggerakkan hati manusia untuk saling menolong dan menyelamatkan tanpa pandang agama, suku, ras dan lain-lain. Alam yang indah menjadi tanda kepedulian Allah untuk memberikan kepenuhan bagi kebutuhan manusia. Allah mengutus seseorang untuk mengasihi dan memberikan perhatian pada kita, dimana semua itu mewujudkan cinta kasih Allah sendiri kepada kita.
Setiap orang pasti pernah mengalami cinta kasih Allah yang terwujud dalam bentuk perhatian, pertolongan dan kepedulian dari orang lain sebagai sarana keselamatan dan cinta kasih Tuhan. Untuk menyadari itu semua dibutuhkan iman dan kepercayaan akan kebesaran cinta  dan penyelamatan Tuhan, yang pada akhirnya mendorong manusia untuk selalu bersyukur dalam hidupnya.
Satu hal yang perlu diingat, bahwa sebesar apapun perhatian orang lain namun semua terjadi karena didorong dan digerakkan oleh Tuhan sendiri. Semua ini tentu saja hanya dapat dipahami dengan iman, bahwa Allahlah sumber dari keselamatan itu. Kehadiran Allah yang menyelamatkan itu mencapai puncaknya dalam kehadiran Yesus Kristus. Dialah tanda kehadiran Allah sendiri untuk menyelamatkan manusia. Barang siapa mengenal Yesus, ia mengenal Allah sendiri.
Seperti halnya Yesus menjadi tanda agung kasih Allah yang menyelamatkan, maka kitapun dapat menjadi sarana bagi keselamatan orang lain dengan cara bersedia menolong orang lain tanpa pandang bulu, mengasihi tanpa kecuali terhadap semua orang. Sikap-sikap tersebut dapat kita wujudkan dalam kehidupan sehari-hari dengan membangun niat konkrit untuk berbuat bagi keselamatan banyak orang yang pada akhirnya dapat menjadi tanda syukur kita akan keselamatan yang dianugerahkan Allah pada kita.

Kutipan Kitab suci yang dipakai:  KASIH ALLAH (Matius 5: 43-48)

Secara singkat Pelajaran materi ALLAH BERKEHENDAK MENYELAMATKAN SEMUA ORANG dapat di lihat dalam rangkuman. Rangkuman Pelajaran Klikdi sini

Setelah Memahami pelajaran materi ALLAH BERKEHENDAK MENYELAMATKAN SEMUA ORANG silahkan kerjakan evaluasi.Evaluasi Pelajaran ini Klikdi sini

0 comments:

Post a Comment