Theology,Technology, and Philosophy, ENJOY!!

Monday, January 28, 2013

Misteri wahyu


Misteri wahyu

          Wahyu Allah merupakan misteri sehingga manusia tidak mampu memahami seluruh pewahyuan Diri Allah. Oleh karena itu Allah menganugerahkan akal budi melalui pewahyuan kodrati  dan adikodrati (DV 6). Wahyu adikodrati (pemahaman melalui KS mis: Allah sebagai Bapa) diperlukan manusia karena pengenalan tentang Allah tidak cukup hanya secara filosofis (kemampuan kodrati/ pemahaman filosofis).
          Pewahyuan Allah dalam Yesus Kristus sudah penuh (terjadi relasi personal yang sempurna antara Allah dan manusia, DV 4) namun pemahaman manusia akan wahyu tidak akan selesai dan lengkap karena Allah adalah misteri. Oleh karena itu iman - wahyu merupakan suatu dinamika:
ü  Wahyu harus disambut manusia dalam iman
ü  Iman adalah Rahmat yang diberikan oleh Roh Kudus
ü  Roh Kudus terus menerus menyempurnakan iman
Maka
          Manusia terus menerus membutuhkan rahmat untuk mengerti wahyu Allah. Allah yang adalah misteri telah hadir dan menyapa manusia dalam pribadi Yesus Kristus yang manusiawi. Namun Allah tetaplah misteri yang tak akan pernah tertangkap secara utuh oleh manusia. Gambaran manusia mengenai Allah (yang dibentuk oleh pengalaman, dan budaya) perlu terus didialogkan dengan sosok Yesus (gambaran Allah yang sempurna).

0 comments:

Post a Comment