Theology,Technology, and Philosophy, ENJOY!!

Thursday, January 24, 2013

Rangkuman materi ROH KUDUS SEBAGAI DASAR HIDUP BERSAMA MURID YESUS


 
Rangkuman materi ROH KUDUS SEBAGAI DASAR HIDUP BERSAMA MURID YESUS


-           Setelah Yesus disalibkan, wafat, dan dimakamkan, para rasul mengalami kesedihan dan ketakutan yang luar biasa. Mereka sedih karena merasa ditinggalkan oleh gurunya. Mereka juga takut untuk memberi kesaksian tentang Yesus.
-           Perasaan sedih dan takut membuat para rasul selalu hidup bersama-sama dalam persembunyian. Mereka membutuhkan kekuatan untuk mengembalikan kepercayaan diri dan semangat untuk menjalani hidup seperti biasa. Mereka senantiasa menantikan janji Yesus untuk mengutus Roh Penghibur.
-           Kerinduan mereka akhirnya terjawab. Mereka dipenuhi Roh Kudus. Roh Kudus yang hadir memberikan daya hidup baru dan keberanian untuk mewartakan Kebenaran dan Injil.
-           Penyertaan Yesus dalam Roh Kudus itu pulalah yang menguatkan Gereja hingga sekarang.
-           Kesatuan dan persatuan hanya mungkin terbentuk dengan kuat bila ada unsur perekat yang menjiwai semua anggota kelompok.
-           Kehidupan para murid Yesus sebagai kelompok juga ditentukan oleh adanya unsur perekat. Unsur perekat itu antara lain pengalaman senasib dan sepenanggungan sebagai murid-murid Yesus. Yesuslah yang menjadi perekat mereka, kehadiran-Nya setelah ia terangkat ke surga  melalui Roh Kudus.
-           Seiring dengan perjalanan hidup bersama para rasul yang mengalami banyak tantangan, St. Paulus menasehatkan agar para murid berusaha memelihara kesatuan dan persatuan sehingga dalam diri mereka tampak bahwa mereka adalah satu tubuh, satu Roh, satu baptisan, satu iman  dan satu Allah.
-           Dengan cara memelihara kesatuan, maka jemaat Kristiani semakin mampu melayani dunia sesuai dengan kemampuan masing-masing.


0 comments:

Post a Comment