Theology,Technology, and Philosophy, ENJOY!!

Thursday, January 24, 2013

MATERI PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK SMP - TELADAN MARIA DALAM MENGIKUTI YESUS





TELADAN MARIA DALAM MENGIKUTI YESUS


Salah satu tokoh suci yang dihormati dan diteladani oleh umat Kristiani hingga saat ini adalah Bunda Maria. Dialah perempuan yang mengandung, melahirkan dan membesarkan Yesus. Bentuk penghormatan dan ibadat khusus kepada Maria yaitu: Doa Rosario, Ziarah ke Gua Maria, Legio Maria, Novena, dan Koronka. Devosi-devosi (hormat dan bakti kepada orang kudus) tersebut menjadi bertambah kuat karena dari pihak Allah sendiri memberi pernyataan suci yang mengukuhkan peranan Maria dalam kehidupan Iman Kristiani. Hal itu tampak dalam berbagai penampakan dan mukjizat yang menampilkan peran Maria.
Gereja sejak awal mengakui peranan Bunda Maria dalam keseluruhan tata keselamatan. Maria mulai berperan ketika menyatakan bersedia dan taat kepada Allah untuk mengandung Yesus. Kesetiaan Maria kepada Allah dan kepada Yesus terus diuji Pengujian Kesetiaan Maria berpuncak pada peristiwa Jalan Salib Yesus. Dan sungguh tak tergoyahkan, ia setia menemani putranya dalam jalan salib-Nya. Maria semakin membuktikan kesetiaannya dengan bersedia menjadi ibu bagi para rasul, yang menjadi cikal bakal gereja. Dengan demikian Maria sudah sejak awal menjadi Bunda Gereja.
Keagungan pribadi Maria dihayati oleh Gereja semakin luas, sehingga gereja memberi banyak gelar kepadanya. Meskipun demikian gereja selalu mengingatkan agar umat menempatkan devosi kepada Maria secara proporsional, dan tidak berdiri sendiri, melainkan harus ditempatkan dalam konteks Yesus Kristus sebagai juru selamat dan satu-satunya perantara keselamatan kepada Bapa.


Kutipan Kitab suci yang dipakaiLukas 1: 26-38 , Matius 12: 46-50


Secara singkat Pelajaran materi TELADAN MARIA DALAM MENGIKUTIYESUS
 dapat di lihat dalam rangkuman. Rangkuman Pelajaran Klik di sini

Setelah Memahami pelajaran materi TELADAN MARIA DALAM MENGIKUTIYESUS
 silahkan kerjakan evaluasi.Evaluasi Pelajaran ini Klik di sini

NB: 
1. Beberapa tempat Ziarah Maria di Indonesia dan berbagai tempat lain. klik di sini
2. Berbagai karya seni yang menggambarkan Maria sebagai berikut









0 comments:

Post a Comment