Theology,Technology, and Philosophy, ENJOY!!

Wednesday, February 6, 2013

Rangkuman materi AKU MEMBANGUN PERSAHABATAN DENGAN ORANG LAIN


Rangkuman materi AKU MEMBANGUN PERSAHABATAN DENGAN ORANG LAIN

o        Tahap-tahap pegaulan seseorang terutama terhadap lawan jenis ada 3 yaitu: perkenalan biasa, pacaran (dan atau persahabatan) dan pertunangan.
o       Pacaran merupakan hak setiap orang, namun jika berpacaran secara salah akan merugikan diri sendiri, keluarga dan masyarakat.
o      Tujuan dari pacaran adalah untuk saling mengenal lebih mendalam diantara keduanya.
o     Sahabat merupakan teman secara khusus diantara teman-teman yang lain.
o      Dengan sahabat memungkinkan kita untuk mendapatkan perlindungan, ada yang mau mendengarkan, mau mengerti dirinya, mau membantu dan sebagainya.
o      Beberapa segi pandang ajaran iman Kristiani tentang persahabatan yaitu: a) persahabatan mengandaikan kejujuran dan keterbukaan untuk saling membangun, b) persahabatan perlu didasari kebenaran yang tidak dapat dikalahkan oleh ikatan apapun, baik ikatan darah, ikatan fungsional maupun ikatan-ikatan lainnya.
o   Persahabatan yang sejati hendaknya selalu kita usahakan untuk dikembangkan dengan cara antara lain: a) berusaha mengenal sang sahabat secara mendalam, sehingga dapat sehati sejiwa, memahami harapan, kesulitan, kegembiraan dan kesedihannya agar dapat membantu secara tepat, b) refleksi dan berdoa, agar apa saja yang kita lakukan dan dilakukan oleh sahabat dalam persahabatan itu sesuai dengan kehendak Allah.       

NOTES: Setelah materi AKU MEMBANGUN PERSAHABATAN DENGAN ORANG LAIN dikuasai silahkan kerjakan evaluasi. klik di sini 

0 comments:

Post a Comment